Apa yang Harus Dilakukan Jika Suami Menikah Diam-Diam?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Suami Menikah Diam-Diam?

Mendapati kabar mengejutkan bahwa suami telah menikah lagi secara diam-diam tentu bukan hal yang mudah untuk dilalui seorang istri. Marah, kesal, dan kecewa serta rasa campur aduk akan terus berkecamuk di hati istri. Lalu, apa yang harus dilakukan jika suami menikah diam-diam?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Suami Menikah Diam-Diam?

  1. Bicarakan Dengan Serius

Berdasarkan saran dari Vanessa Marin, seorang psikoterapis, mengungkapkan apabila Anda memutuskan untuk tetap mempertahankan rumah tangga yang sudah susah payah dibangun selama ini, Anda perlu membicarakan persoalan ini dengan suami secara 4 mata.

Tanyakan apa alasan yang membuatnya melakukan pernikahan tanpa persetujuan dan pengetahuan istri. Mungkin proses ini akan terasa sangat menyakitkan, namun Anda tetap perlu mendengarkan semua penjelasannya.

Setelah itu, Anda bisa meminta pasangan untuk mendengarkan pendapat daru Anda. Utarakan semua gejolak perasaan yang ada di hati ketika mendengar bahwa Anda telah diduakan.

Suami harus tahu bahwa Anda tersakiti akibat perlakuannya itu. Mereka juga harus memberikan Anda ruang juga waktu untuk merenungkan apa yang sudah terjadi.

  1. Melakukan Konseling

Hampir semua pasangan merasa enggan untuk melakukan konseling ke konsultan pernikahan ataupun teraping. alasannya cukup sederhana, tidak ingin permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga diketahui oleh orang luar.

Akan tetapi, apabila masalah-masalah yang timbul dalam rumah tangga tak kunjung menemui titik terang, bahkan setelah banyak perdebatan dan negosiasi diantara suami dan istri, maka Anda membutuhkan bantuan dari seorang profesional untuk kemudian memberikan pandangannya secara objektif.

Posisi dari pihak ketiga ini adalah untuk menjembatani dua pendapat dari dua isi kepala yang berbeda guna mencegah terjadinya cekcok atau jalan buntu. Sehingga pasangan suami istri tersebut bisa berdiskusi tentang perlakuan poligami dengan cara yang lebih sehat.

  1. Tidak Bertemu Dulu

Membatasi pertemuan juga menjadi jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan apa yang harus dilakukan jika suami menikah diam-diam?

Membatasi kontak secara fisik akan memberikan Anda waktu untuk merenungkan dan mengintrospeksi hubungan rumah tangga. Juga memikirkan secara matang untuk langkah yang akan diambil selanjutnya.

  1. Bercerai

Ketika Anda sudah menempuh berbagai cara dalam waktu yang lama untuk bisa melupakan dan memaafkan perlakuan suami yang memilih untuk berkhianat dan menduakan Anda, namun belum juga menemui titik terang, perceraian mungkin menjadi opsi satu-satunya untuk dipilih.

Tapi perlu diingat, sebelum benar-benar memutuskan untuk berpisah dengan suami, Anda harus mengevaluasi terlebih dahulu akan adanya kemungkinan-kemungkinan solusi lain. Sehingga nantinya Anda tidak menyesal atas keputusan tersebut.

Mengetahui adanya poligami yang dilakukan oleh suami tentu bukan menjadi hal yang mudah untuk diterima. Walau begitu, tetap selesaikan persoalan tersebut dengan kepala dingin dan hati yang sabar agar Anda bisa memperoleh titik terang.

Konsultasi Gratis TELP/WA