Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua & Ipar

Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua & Ipar

Mengamalkan Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua & Ipar

Kehidupan pernikahan nyatanya tidak sesederhana yang kita bayangkan. Kita tidak hanya harus menjaga hubungan dengan pasangan namun juga dengan keluarga pasangan. Inilah yang sering menjadi tantangan bagi para suami istri. Berikut ada beberapa tips membangun hubungan harmonis dengan mertua & ipar.

  • Hilangkan Sifat Egois

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menghilangkan sifat egois yang ada di diri Anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua pasti memiliki sisi egois masing-masing. Cobalah untuk menghilangkannya secara perlahan walaupun akan terasa sulit. Sadari bahwa diri Anda sudah menikah dan tak boleh mengutamakan sifat egois tersebut.

  • Saling Mendengarkan Pendapat

Terbuka dan memahami satu sama lain adalah kunci hubungan yang harmonis. Cobalah untuk mendengarkan pendapat dari keluarga pasangan Anda. Hargai pendapat mereka sehingga mereka juga akan menghargai pendapat Anda. Saling terbuka dan mendengarkan pendapat satu sama lain ini akan sangat membantu menjaga hubungan keluarga yang bahagia.

  • Hindari Tinggal Bersama

Sebisa mungkin jangan tinggal di rumah yang sama dengan mertua dan ipar. Mintalah persetujuan pasangan Anda agar bisa tinggal di rumah yang berbeda. Tinggal di rumah yang sama bisa saja menyebabkan munculnya konflik terlalu sering. Kondisi ini justru akan merusak hubungan harmonis Anda dan keluarga pasangan.

Meskipun tidak tinggal bersama, jangan langsung putus hubungan. Anda tetap harus menjalin silaturahmi dengan sesekali berkunjung dan menghabiskan waktu. Ini akan membuat keluarga pasangan Anda merasa lebih disayangi dan dihargai.

  • Jalin Komunikasi yang Baik

Perselisihan biasanya terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik. Berusahalah untuk membangun komunikasi yang lancar dengan keluarga pasangan Anda. Jika tidak ada komunikasi, maka bisa muncul salah paham. Inilah yang menjadi awal mula munculnya konflik di dalam sebuah keluarga.

  • Pahami Karakter Mereka

Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Anda sebaiknya memahami seperti apa karakter dari mertua dan saudara ipar Anda. Jika sudah dipahami seperti apa karakternya maka akan lebih mudah untuk menyikapi mereka. Anda bisa menyesuaikan sikap Anda dengan karakter mereka agar tidak terjadi konflik.

  • Mintalah Bantuan Pasangan

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan pasangan agar bisa menjalin hubungan baik dengan keluarga mereka. Komunikasikan apa yang menjadi kendala bagi Anda untuk berhubungan baik dengan mertua maupun ipar. Namun, Anda harus menyampaikan hal ini dengan hati-hati. Jangan disertai emosi dan pastikan untuk tidak menyakiti hati pasangan Anda.

Itulah tadi beberapa tips membangun hubungan harmonis dengan mertua & ipar. Pastikan untuk berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan mereka. Keharmonisan hubungan tersebut akan sangat berpengaruh pada kebahagiaan kehidupan pernikahan Anda.

Jadi, jangan sampai salah langkah dan merusak interaksi Anda dengan keluarga pasangan karena akan sulit untuk memperbaikinya.

Konsultasi Gratis TELP/WA